Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Apartemen atau Rumah? Kenali Plus Minusnya

 

Pilih Apartemen atau Rumah? Kenali Plus Minusnya
Pilih Apartemen atau Rumah? Kenali Plus Minusnya


Resiong.com - Apartemen dan rumah sama-sama bangunan yang berfungsi sebagai hunian atau tempat tinggal. Walaupun begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan yang kerap dibanding-bandingkan plus minusnya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan kebutuhan penghuninya. 

Pertimbangan sebelum Memilih Apartemen atau Rumah 

Berikut ini ulasan lengkapnya, agar kamu bisa memilih yang sesuai kebutuhan.

Lokasi

Pertimbangan pertama sebelum memilih hunian adalah lokasinya. Untuk apartemen sendiri, biasanya terletak di lokasi yang strategis misalnya dekat dengan pusat kota. Sementara rumah memiliki lokasi beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan penghuninya. 

Apartemen dibangun untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di pusat kota sehingga mudah menjangkau fasilitas publik. Untuk rumah saat ini lebih banyak dibangun di pinggiran kota karena keterbatasan lahan. Hal ini patut jadi pertimbangan terkait kemudahan akses ke tempat kerja.

Hak Kepemilikan Unit Atau Bangunan

Selanjutnya yang membedakan apartemen dan rumah adalah hak kepemilikannya. Untuk apartemen hak kepemilikan terdiri dari bangunan unitnya, sementara rumah bisa terdiri dari hak kepemilikan bangunan dan lahan atau hanya salah satunya saja.

Saat membeli rumah sertifikat hak milik akan berlaku selamanya. Sementara apartemen hanya bisa sampai 20 tahun dan jika ingin memperpanjang akan dikenakan sejumlah biaya.

Fasilitas

Bicara soal fasilitas maka apartemen tentu lebih unggul daripada rumah. Fasilitas apartemen beragam dan lebih lengkap, mulai dari keamanan sampai ruang publik. Apartemen jadi pilihan tepat apabila seseorang tidak ingin direpotkan soal fasilitas. Penghuni akan diberikan akses parkir 24 jam, mall, pusat kebugaran, dan lainnya.

Kalau rumah sendiri tidak memiliki fasilitas selengkap apartemen. Semua kelengkapan adalah tanggung jawab pemilik rumah. Beda halnya dengan rumah yang ada dalam perumahan cluster. Fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan apartemen mulai dari akses parkir sampai ruang publik.

Biaya yang Dikeluarkan

Apartemen dan rumah memiliki perhitungan biaya berbeda sehingga perlu jadi pertimbangan tersendiri. Melihat dari kelengkapan apartemen tentu biaya yang dikeluarkan lebih mahal daripada apartemen biasa. Apabila penghuni ingin mendapat fasilitas prima maka ada biaya tambahan misalnya biaya utilitas dan parkir.

Sementara itu, biaya yang dikeluarkan untuk membeli rumah cenderung bervariasi. Apabila menginginkan harga rumah yang terjangkau bisa menggunakan fasilitas KPR bank atau mengikuti program rumah subsidi pemerintah.

Demikian perbandingan plus minus apartemen atau rumah yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli. Sebagai calon pembeli yang baik, pilih jenis hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Baik itu apartemen maupun rumah, keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Lakukan perencanaan mendalam agar kelak tidak salah pilih.



Posting Komentar untuk "Pilih Apartemen atau Rumah? Kenali Plus Minusnya"