Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Jangka Waktu untuk Service Mobil?

 

Berapa Lama Jangka Waktu untuk Service Mobil?
Berapa Lama Jangka Waktu untuk Service Mobil?

Resiong.com - Buat yang punya mobil baru, pastinya juga harus tahu cara merawatnya. Khususnya yang baru saja punya mobil, ada satu pertanyaan yang muncul yaitu: berapa lama jangka waktu service mobil? Service secara berkala adalah salah satu hal penting agar mobil tetap awet.

Ada beberapa saran tentang waktu ideal untuk servis mobil. Servis mobil bisa dilakukan dengan patokan jarak tempuh atau hitungan bulan.

Kapan Harus Servis Mobil? Pahami Dulu Beberapa Hal Ini

Sebagian orang akan menggunakan patokan waktu, tapi sebagian yang lain memperhitungkan jarak tempuh kendaraan dalam satuan kilometer.

Service Berdasarkan Jarak Tempuh

Kamu bisa melakukan service mobil dengan ukuran jarak tempuh. Setelah beli mobil, kamu akan diingatkan untuk melakukan service pada 1000 kilometer pertama, 5 ribu kilometer, 10 ribu kilometer, 20 ribu kilometer, dan seterusnya. Jadwal untuk service mobil umumnya bisa ditemukan pada buku manual.

Berdasarkan Waktu Pemakaian

Jika kamu biasanya memakai mobil untuk aktivitas jarak dekat, sebaiknya pilih service mobil menurut waktu pemakaiannya. Misalnya, mobil hanya dipakai untuk perjalanan dari rumah menuju kantor dan tidak begitu jauh. 

Dalam waktu 6 bulan, jarak tempuh yang bisa kamu lihat di mobil hanya menunjukkan 3.000 kilometer. Kamu harus tetap service karena sudah masuk jadwal service yang disarankan yakni 6 bulan.

Jadi, Pilih Waktu atau Jarak Tempuh?

Untuk servis secara berkala, ada dua pilihan yaitu waktu atau jarak tempuh. Mana yang seharusnya kamu pilih? Untuk menjawabnya, kamu perlu memperhatikan kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari. 


Hal yang semestinya kamu perhatikan sebagai pemilik mobil adalah mana yang tercapai lebih dahulu? Apakah waktu atau jarak tempuh? Pastikan untuk menyesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan dengan mobilmu. 

Saat melakukan service mobil, beberapa bagian yang perlu dicek misalnya; AC, spooring, balancing, busi, aki, dan kampas rem. Mobil yang mendapat service secara rutin pasti kondisinya lebih optimal, aman dan nyaman ketika dikendarai, lebih efisien bahan bakar, dan relatif lebih panjang umur. 

Lebih baik lakukan servis secara teratur dan jangan sampai ada masalah gara-gara lupa service mobil.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Jangka Waktu untuk Service Mobil?"