Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Saja?

5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Saja?
5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Saja?


Resiong.com - Kebanyakan orang pernah mengalami sakit perut dengan berbagai macam alasan. Entah itu sakit perut di bagian kiri, kanan, atau bagian lain, pasti tidak nyaman rasanya. Apakah kamu juga pernah merasakan sakit perut sebelah kiri?  

    Umumnya sakit perut dianggap karena makanan asam atau pedas. Tapi, bagaimana kalau sakit perut tidak jelas sebabnya dan berlangsung lama? Bahkan, posisinya hanya di sebelah kiri saja. Lebih baik kita cari tahu sebabnya, kemudian menemukan solusinya.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Inilah beberapa macam penyebab sakit perut sebelah kiri yang penting buat kamu pahami. 

Gastritis

    Gastritis terjadi pada saat lapisan lambung iritasi, radang, atau mengalami pengikisan, sehingga memicu rasa nyeri atau sakit pada level tertentu. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena infeksi bakteri Helicobacter Pylori penghasil lendir pada lapisan lambung. Gejala yang lain adalah rasa ingin muntah, mual, atau perut yang terasa penuh sesudah makan.

Mengalami Ovulasi

    Ovulasi adalah sebuah proses lepasnya sel telur di dalam rahim yang biasanya terjadi sekitar dua minggu sebelum menstruasi. Kondisi ini juga dikenal sebagai masa subur dan umumnya terasa sakit atau nyeri di perut. Saat ovulasi ini, wanita yang mengalami juga merasa mual.

Penyakit Ginjal

    Penyebab sakit perut sebelah kiri selanjutnya adalah gangguan pada ginjal, misalnya infeksi ginjal ataupun batu ginjal. Selain sakit perut kiri bawah, kondisi infeksi ginjal ditandai dengan demam dan mual. Sementara itu, pada kondisi batu ginjal, gejalanya adalah sakit perut kiri bawah, sering merasa ingin kencing, dan merasa panas ketika buang air kecil.

Radang Pancreas

    Organ lain yang ada pada sisi kiri perut manusia yaitu pankreas. Apabila ada gangguan di organ pankreas, maka muncul rasa sakit di perut kiri atas bahkan sampai bagian punggung. Kondisi yang sering terjadi yaitu rasa sakit saat berbaring, saat makan atau minum, demam, diare, dan mual-mual. Ketika perut disentuh akan berasa sakit.

Radang Usus Besar

    Faktor penyebab sakit perut sebelah kiri yang juga sering terjadi adalah radang usus besar. Kondisi ini bisa terjadi karena dinding saluran pencernaan itu sedang ada peradangan. Umumnya, gejala yang timbul adalah diare, merasa mudah lelah, berat badan turun, dan BAB berdarah. 

    Itulah macam-macam penyebab sakit perut sebelah kiri. Akan lebih baik jika kita menjaga pola hidup sehat agar semua organ juga sehat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Saja?"